Angels Blog

Welcome To Uwie Blog....

Jumat, 28 Januari 2011

Belajar Ms. Word 2003


Belajar Microsoft Word 2003

Pendahuluan
Microsoft Word

Versi rilis terbaru
12.0.6211.1000 (2007 SP1) / Desember 11, 2007; 3 tahun yang lalu (2007-12-11)
Jenis
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

 

Sejarah

1981-1990

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

 

Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

 Tahun 1996-1999

 Tahun 1999-2001

 Tahun 2002-2003

Pengenalan Ms. Word 2003
1.2. Memulai Word 2003
Word 2003 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan. langkah-langkah memulai bekerja dengan Word 2003 sebagai berikut ;
1. Aktifkan Komputer terlebih dahulu.
2. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
3. Muncul sejumlah menu, pilih All Program.
4. Klik Microsoft Office.
5. Klik Microsoft Office Word 2003.
6. Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word yang masih kosong.
Microsoft Word siap untuk digunakan.

1.3. Mengenal Elemen Jendela MS-Word.
Setelah Word 2003 kita aktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1, seperti tampak pada gambar 2.
Menu Bar, berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Menu File, maka sub menu-nya berisi segala hal yang berkaitan dengan file, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu ini terdiri dari Menu
File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help tapi daftar menu juga dapat kita tambahkan sesuai dengan keperluan kita. Menu ini dapat kita pilih dengan cara meng-klik nama menu atau dengan tombol Alternate (ALT)+huruf yang bergaris bawah pada menu secara bersamaan. Misal kita akan mengaktifkan menu file maka klik-lah menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT+F (tekan secara bersamaan).

2.3. Menandai Teks (blok)
Jika kita ingin mengcopy, memindahkan, atau menghapus sekelompok kalimat maka kita sebaiknya menandai teks tersebut terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempercepat proses. Menandai teks berarti kita mem-blok suatu teks sehingga warnanya berbeda dengan yang lain. Menandai suatu teks dapat kita lakukan dengan dua cara :
A. Menggunakan Keyboard, tombol yang digunakan adalah ;
Tombol
Fungsi
Shift+
Menandai satu karakter disebelah kanan insertion point
Shift+
Menandai satu karakter disebelah kiri insertion point
Shift+
Menandai satu baris ke atas
Shift+
Menandai satu baris ke bawah
Ctrl+Shift+
Menandai satu kata disebelah kanan insertion point
Ctrl+Shift+
Menandai satu kata disebelah kiri insertion point
Ctrl+Shift+
Menandai sampai ke-awal paragraph
Ctrl+Shift+
Menandai sampai ke-akhir paragraph
Shift+End
Menandai sampai ke akhir baris
Shift+Home
Menandai sampai ke awal baris
Shift+PgUp
Menandai sampai satu layar ka-atas
Shift+PgDwn
Menandai sampai satu layar ke-bawah
Ctrl+Shift+Home
Menandai sampai ke awal dokumen
Ctrl+Shift+End
Menandai sampai ke akhir dokumen
Ctrl+A
Menandai seluruh teks yang ada pada dokumen

B. Menggunakan Mouse
Lakukan
Fungsi, untuk memilih
Klik tahan (drag) teks yang diinginkan
Sembarang teks
Klik ganda pada kata
Satu kata
Klik pada selection bar
Satu baris
Drag pada selection bars
Beberapa baris
Tekan CTRL lalu klik kalimat yang diinginkan
Satu kalimat
Klik ganda pada selection bar atau klik 3X pada bagian paragraph
Satu paragraph
Tekan ALT lalu drag mouse ke posisi yang dinginkan
Berbentuk kolom
Catt. Selection bar adalah bagian yang terletak di sebelah kiri margin kiri. Untuk membatalkan penandaan suatu teks, kliklah disembarang tempat.

2.3. Meng-copy, Menghapus & Memindahkan Teks
A. Meng-copy Teks
Untuk meng-copy suatu teks dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut;
2. Tandailah teks yang akan dicopy
3. Klik menu Edit lalu klik Copy (atau klik icon copy )
4. Pindahkan titik sisip (insertion point) ke lokasi pengcopian.
5. Klik menu Edit lalu klik Paste (atau klik icon paste)
Selain cara tersebut di atas, Anda dapat juga menyalin teks degan menggunakan mouse, berikut;
1. Tandai teks yang akan dicopy dengan mouse
2. Klik mouse kiri lalu drag teks
3. Klik mouse kanan lalu pilih Copy
4. Pindahkan mouse ke tempat yang akan dituju
5. Klik mouse kanan lalu pilih Paste
Atau dengan cara ;
1. Tandailah teks yang akan dicopy
2. Tekan Ctrl+Drag teks tersebut dan geser mouse kelokasi tujuan peng-copian.
Atau dengan cara lain;
1. Tandailah teks yang akan dicopy
2. Tekan Ctrl+C
3. Bawa insertion point ke daerah tujuan
4. Tekan Ctrl+V

B. Menghapus Teks
Menghapus teks dapat kita lakukan sbb;
1. Tandailah teks yang akan dihapus
2. Klik menu Edit lalu klik Cut (atau klik icon Cut, gambar gunting)
Atau dengan cara ;
Tandailah teks yang akan dihapus   
Tekan tombol   Delete
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, dapat juga dengan mengikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear, Contents Del atau tekan tombol Delete.

C. Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini :
Tandailah terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan   
Klik menu   Edit lalu klik Cut (atau klik icon Cut)
Pindahkan penujuk sisipan (insertion point) ke daerah tujuan   
Klik menu   Edit lalu klik Paste (atau klik icon Paste)
Atau dengan cara ;
Tandailah terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan   
Drag teks tersebut dan geser mouse kelokasi yang baru   
Atau dengan cara lain;
Tandailah terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan   
Tekan Ctrl+X   
Bawa insertion point ke daerah tujuan, Tekan Ctrl+V   
Untuk membatalkan perintah, dapat dilakukan sbb;
Klik menu   Edit
Klik   Undo
Atau cukup dengan meng-klik icon undo (gambar panah melengkung ke-kiri yang terdapat pada toolbar standard). Atau dengan menekan tombol Ctrl+Z

Untuk mengulangi perintah, dapat dilakukan sbb;
Klik menu   Edit
Klik   Redo
Atau ; cukup dengan meng-klik icon redo (gambar panah melengkung ke-kanan yang terdapat pada toolbar standard).
TIPS untuk anda:
Jika anda membuat kesalahan selama proses pengetikan, Anda dapat memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
2.4. Mencari dan Mengganti Teks
Pada suatu dokumen yang besar tentu kita akan kesulitan untuk mencari suatu kata tertentu atau mencari sambil mengganti kata/kalimat tersebut secara langsung. Anda jangan khawatir jika mengalami hal ini, karena untuk tujuan ini Word 2003 telah menyediakan dua fasilitas, yaitu ; Find dan Replace
Find, digunakan untuk mencari suatu kata/kalimat tertentu berdasakan kriteria yang ditentukan. Untuk mengaktifkan fasilitas ini kita tinggal klik menu Edit lalu klik Find, maka akan keluar jendela find sbb;
keterangan :
1. Pada option Find what diisikan kata/kalimat yang akan di cari, misal ‘aku’
2. Pada Search Option kita dapat menentukan arah pencarian yaitu ;
. All, mencari dari awal hingga akhir dokumen. (defaultnya ALL)
. Up, mencari keawal dokumen mulai dari posisi insertion point.
. Down, mencari keakhir dokumen mulai dari posisi insertion point.
3. Pada option Search:, terdapat 5 metode yaitu ;
. Match case, mencari kata/kalimat yang betul-betul mirip dengan kata/kalimat yang dicari.
. Find whole words only, mencari kata/kalimat tanpa memperhatikan huruf besar atau kecil.
. Use wildcards, mencari kata/kalimat dengan menggunakan metode wildcards (?). Misalnya kita mancari tiga digit huruf yang awal ‘ak’ maka gunakan wildcards dengan cara ‘ak?’, maka seluruh kata yang terdiri dari tiga karakter dengan huruf awalnya ‘ak’ akan ditemukannya. Metode pencarian ini memperhatikan huruf kecil dan besar. Maka kata ‘AKU’ tidak akan ditemukan dengan metode ini, karena menggunakan huruf besar sedangkan yang dicari adalah ‘ak?’ huruf kecil dengan digit ketiganya bebas.
. Sounds like, mencari kata/kalimat yang mirip dan hampir mirip dengan kata/kalimat yang dicari. Misalnya kita mencari kata ‘Aku’ maka kata ‘Ak’ juga akan ditemukannnya karena hampir mirip.
. Find all words forms, mencari seluruh kata/kalimat yang mempunyai bentuk/format yang sama.
4. Setelah menentukan metode pencariannya, maka kliklah Find Next untuk memprosesnya.
5. Jika pencarian selesai, maka akan muncul kotak pesan sbb;
6. Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
Replace, adalah suatu proses pencarian teks dengan cara langsung menggantikan kata/kalimat yang dicari dengan kata/kalimat yang ditentukan. Untuk menggunakan fasilitas, ikutilah langkah-langkah berikut ;
1. Klik menu Edit, lalu Klik Replace
2. Maka akan tampil jendela replace sbb;
3. Pada option Find what kita ketikkan kata/kalimat yang dicari dan diganti. Misalnya kita mencari kata ‘AKU’ dan ganti dengan ‘MY’, maka Ketikkan ‘AKU’ pada option ini.
4. Option Replace with diisi dengan kata/kalimat pengganti. Pada contoh diatas kita isi dengan ‘MY’
5. Klik Replace untuk mengganti satu persatu, atau klik Replace All untuk mengganti secara keseluruhan dan klik Find Next untuk mencari kata berikutnya.
6. Sedangkan option lainnya sama dengan yang dijelaskan pada bagian Find diatas.

2.5. Menyimpan Dokumen
Lembar kerja (document) yang kita buat dapat disimpan pada harddisk atau disket dengan cara sebagai berikut ;
1. Pilih dan klik menu File, Save atau tekan Ctrl+S. Jika Anda menyimpan document tersebut untuk pertama kali, kotak dialod Save As akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini ;
2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih dan klik drive atau folder yang diinginkan.
3. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file yang Anda inginkan.
4. Klik tombol perintah Save untuk memproses penyimpanannya.





Catatan ;
1. Dibawah pilihan Save in terdapat icon-icon alamat yang sering digunakan untuk menyimpan data. Anda dapat langsung meng-klik icon tersebut jika Anda ingin menyimpan data pada icon tersebut.
2. Jika diperlukan Anda juga dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as type.
Disamping cara diatas, kita juga dapat menyimpan dokumen dengan langsung meng-klik icon save (gambar disket) yang terdapat pada toolbar standar.

Creating Content
3.1. Insert and edit text, symbols and special characters
a. Membuat, menyimpan dan Menutup Dokumen
Microsoft menciptakan suatu Dokumen kata sederhana mengetik teks. Titik penyisipan menandai adanya teks akan tampak di dalam dokumen itu. Manakala teks itu diketik di luar margin kiri, Kata memindahkan teks kebaris berikutnya. Setiap menekan Enter hanya untuk memulai paragraph baru, bukan sebuah baris baru.
Di dalam latihan ini, Anda memasukan teks ke dalam suatu dokumen baru, penambahan sebuah symbol, simpan dokumen baru anda dan tutup.
1. Pada Toolbar standard, klik New Blank Document. Suatu jendela dokumen baru membuka.
2. Dengan tanda penyisipan pada awal dokumen yang baru, ketik teks baru dan tekan enter.

b. Editing a Document
Di dalam latihan ini, anda akan mengedit teks di dalam dokumen yang ada,. l menyispkan dan menghapus teks, membatalkan penghapusan, copy dan paste, dan memindahkan sebuah paragraph.
1. Klik duakali untuk memilih kata, dan kemudian tekan Enter untuk menghapus kata itu dan menggantinya dengan sebuah paragraph baru yang kosong.
2. Tekan End untuk memindahkan titik penyisipan ke akhir baris.
3. Tekan panah bawah empat kali, sambil menahan Ctrl. dan kemudian klik di manapun paragrap yang anda pilih.
4. Tekan delete untuk menghapus kalimat
5. Pada standard Toolbar, klik tombol Undo untuk membatalkan teks yang telah dihapus.
6. Setelah kita memilih kalimat, klik Tombol copy. Teks telah dicopy.
7. Tekan Ctrl+Home untuk menggerakkan titik sisip ke awal dokumen, dan pada Standard toolbar, klik Tombol paste.
8. Pilih garis teks yang baru, dan pada Toolbar standard, klik tombol Cut untu memotong.
9. Tekan Ctrl+End untuk menggerakkan titik penyisipan ke akhir dokumen, dan kemudian tekan Enter untuk masuk ke baris baru.
10. Pada Toolbar standard , klik tombol Save. Word menyimpan perubahan dokumen itu.

c. Menggunakan Text Entry Shortcuts
Di dalam latihan ini, anda akan menggunakan AutoCorrect dan mengubah pengaturannya. Anda akan memasukkan AutoText Entry dan membuat sebuah AutoText Entry yang baru.
1. Pada Menu Tools, klik Autocorrect Options. Kotak dialog Autocorrect akan muncul, menampilkan Tab Autocorrect.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar