Angels Blog

Welcome To Uwie Blog....

Rabu, 30 Maret 2011

05. perang Output



MAKALAH TIK
PERANGKAT DALAM TIK “OUTPUT”


 








Disusun oleh :
NAMA :
KELAS :


SMA MUHAMMADIYAH 04 ANDONG
2011


PERANGKAT OUTPUT DALAM TIK

Perangkat output yang paling dikenal secara umum adalah layar computer (computer screen) disebut juga monitor dan printer. Walaupun terdapat banyak pembicaraan mengenai konsep “kantor tanpa kertas”, tetapi output printer berupa data terolah yang tercetak pada kertas adalah fakta yang ada di dunia perkantoran.
Gambar pada layar monitor sangat dipengaruhi oleh resolusi layar (screen resolution). Resolusi layar mengacu pada jumlah pixels yaitu jumlah titik-titik cahaya yang membentuk gambar dan tampilan lainnya pada layar monitor. Saat ini, monitor umunya memiliki resolusi 1600 x 1200 atau lebih besar. Hal ini berarti ada 1600 titik cahaya vertical dan 1200 titik cahaya horizontal pada layar. Resolusi tinggi pada layar computer memungkinkan praktisi menggunakan cukup banyak icon (symbol yang menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh computer) sehingga graphical user interface (GUI) menjadi interface yang dominan.
Printer juga mengalami perkembangan pesat serupa seperti monitor. Karakteristik utama printer yang berubah adalah resolusi percetakan dan kecepatan percetakam. Printer saat ini umumnya, menggunakan teknologi laser dan ink-jet. Printer laser prinsip kerjanya mirip mesin fotokopi, sedangkan printer ink-jet menyemprotkan tinta ke permukaan kertas dan memiliki resolusi sekitar 300 titik per inci.

MULTIMEDIA
Evolusi perangkat input dan output mengarah pada MULTIMEDIA atau penggunaan lebih dari satu medium pada saat bersamaan. Contohnya, informasi dalam bentuk narasi dapat diproyeksikan ke layar computer disertai dengan gambar atau video. Para pengguna tidak hanya mengetik perintah, mereka menggunakan alat petunjuk, seperti mouse atau berbicara ke microfon, untuk memilih icon yang menyebabkan computer beroperasi menjalankan pesan di layar.
Kombinasi sentuhan keyboard atau mouse, input yang diucapkan, gambar di layar, dan suara dan pengeras suara menyediakan kemungkinan input dan output yang sangat banyak. Kemampuan multimedia dapat meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berinteraksi dengan sumber daya computer dengan benar



TIPE-TIPE JARINGAN
Untuk menjadi anggota dalam suatu jaringan, masing-masing perangkat computer, printer, atau perangkat serupa lainnya harus dihubungkan dengan media komunikasi melalui network interface card(NIC). NIC lebih sekedar bertindak sebagai penghubung antara computer dan jaringan yang juga berfungsi sebagai penyimpanan data sementara.

LAN
Local Area Network adalah sekumpulan computer dan perangkat-perangkat lainnya yang saling berhubungan melalui suatu medium yang sama. LAN khususnya menghubungkan computer-komputer yang berjarak dekat secara fisik. LAN hanya mampu menjangkau jarak total sekitar setengah mil saja dan jarak antara computer-komputer yang dihubungkan oleh medium komunikasi tersebut tidak lebih dari 60 kaki.
LAN menggunakan tiga konfigurasi terpisah yang disebut topologi untuk menghubungkan computer ke perangkat lainnya. Konfigurasi ring (lingkaran) digunakan untuk Jaringan Token Ring dari IBM. Token (penanda) dilepaskan sepanjang ring dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan token berfungsi sebagai pengendali komunikasi. Jaringan Ethernet umumnya menggunakan topologi bus juga dinamakan backbone.
Bus adalah suatu kabel tunggal dengan panjang terbatas. Pada praktiknya topologi bus lebih menguntungkan daripada topologi ring karena pada topologi ring jika satu perangkat gagal berfungsi maka komunikasi dengan perangkat berikutnya akan terputus. Dengan menggunakan topologi bus, jika satu perangkat gagal berfungsi, komunikasi dengan perangkat lainnya tidak akan terputus.
Topologi ketiga adalah star (bintang) dan topologi ini memerlukan suatu hub. Hub adalah suatu alat yang menerima paket data dari suatu computer di salah satu sudut star dan menyalin isinya keseluruh perangkat lain. Topologi star dan hub cukup penting karena kesederhanaan dan kemudahan penerapannya.
Pentingnya LAN bagi sebagian besar professional bisnis lebih berkaitan dengan komunikasi daripada teknologi. Ketika para manajer dan staf professional makin tergantung pada sumber daya computer untuk melaksanakan tugas-tugasnya, mereka mulai menyadari keterbatasan transfer informasi berbasis computer dari satu pengguna ke pengguna lain dengan menyalin file ke disket. Memakan waktu cukup lama untuk menyalin data, menyampaikannya ke rekan kerja, lalu rekan kerja akan menyalin data tersebut ke komputernya. Bagaimana jika rekan kerja itu tidak ada di mejanya? Bagaimana jika rekan kerja memerlukan data tersebut sementara Anda tidak di tempat? Ketika keputusan-keputusan penting berkaitan dengan data-data perusahaan seluruhnya berbasis computer, maka komunikasi antarkomputer menjadi semakin penting.

MAN
Metropolitan Area Network adalah jaringan yang jarak fisiknya terbatas, kira-kira 30 mil. Jangkauan jarak merupakan hal yang membedakan karakteristik MAN dengan LAN. Secara konseptual MAN diasosiasikan sebagai jaringan yang menghubungkan semua ruang utama di dalam gedung menjadi satu. MAN biasanya menggunakan bermacam-macam topologi sama seperti yang dijelaskan pada LAN. Seperti halnya LAN, MAN tidak menggunakan sistem telepon umum untuk mentransfer data. MAN mentransfer data pada kecepatan 100 Mbps sampai 1 Gigabit per detik

WAN
Wide Area Network digunakan untuk menghubungkan berbagai computer dan perangkat lainnya bila jarak yang diperlukan melampaui jarak yang mampu dicapai LAN dan MAN. WAN menggunakan sistem telepon umum sebagai media pembawa data. Saat penggunaan internet telah meluas dan memasyarakat, pengguna WAN perlahan-lahan berkurang dan digantikan oleh Internet.

INTERNET
Internet memiliki dampak yang besar terutama pada komunikasi berbasis computer daripada terhadap perkembangan di bidang lainnya. Internet bersifat umum. Tiap orang yang memiliki computer dan akses ke media komunikasi dapat menjelajahi internet. Keterbukaan internet bagi setiap orang mengakibatkan keuntungan dan kerugian. Apa perbedaan mendasar antara internet dengan LAN?
Secara teknis, LAN tidak memiliki koneksi fisik ke jaringan lain. Hal ini sangat penting untuk dipahami karena sebagian orang salah dalam merujuk kelompok local computer mereka sebagai LAN padahal kelompok local computer tersebut berhubungan dengan jaringan lain. Internet memiliki koneksi ke jaringan lain dalam satu perusahaan yang sama tetapi dilengkapi dengan perangkat lunak, perangkat keras, atau kombinasi keduanya untuk mencegah terjadinya komunikasi dengan sistem dan perangkat-perangkat komunikasi lainnya dari luar perusahaan. Firewall pada umunya digunakan sebagai sistem keamanan internet.

EKSTRANET
Beberapa pengguna jaringan yang sebetulnya berhak terhadap akses informasi perusahaan mungkin berada di luar batas lingkungan organisasi. Misalnya, satu pemasok mungkin memerlukan akses terhadap informasi mengenai jumlah persediaan barang yang perlu dipasok ke perusahaan.
Untuk menjangkau pengguna yang berada di luar lingkungan perusahaan bisa digunakan internet. Akan tetapi, pengguna internet beresiko terhadap keamanan data perusahaan. Untuk mengatasi hal ini, internet diperluas hingga dapat menyertakan para pengguna yang berhak mendapatkan akses tapi berada di luar organisasi. Sistem ini dinamakan EKSTRANET. Hanya para pelanggan dan mitra bisnis terpercaya yang mendapat akses ekstranet karena akses ini memungkinkan pengguna sistem informasi dan sumber daya computer yang tidak berhubungan langsung dengan komunikasi. Firewall juga digunakan di ekstranet untuk mencegah pemakai yang tidak berhak mengakses sumber daya computer perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA

http://chebii.wordpress.com/2010/04/30/perangkat-output/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar