Angels Blog

Welcome To Uwie Blog....

Selasa, 02 Agustus 2011

Bisnis Rumahan Dengan Membuka Toko Kelontong

Bisnis Rumahan Dengan Membuka Toko Kelontong Bisnis toko kelontong memang bukan sebuah bisnis baru. Namun, perlu Anda cermati bahwa bisnis ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan minimarket yang kini mulai bermunculan dimana-mana. Toko kelontong bisa didirikan hampir dimana saja, bahkan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan minimarket seperti di daerah perkampungan atau gang-gang kecil. Di samping itu, binis toko kelontong juga bisa dijalankan tanpa harus meninggalkan rumah. Itulah mengapa banyak para ibu-ibu rumah tangga sangat berminat untuk menjalanakan di rumah.Di toko kelontong biasa menjual hampir semua kebutuhan sehari-hari dan harganyapun terjangkau. Bisnis rumahan ini bisa saja dimulai dengan modal yang relatif kecil dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
Konsumen
Target konsumen Anda adalah para tetangga dan lingkungan di sekitar rumah Anda.
Info Bisnis
Untuk memulai bisnis toko kelontong di rumah ini cukup mudah. Yang pertama Anda siapkan adalah tempat untuk berjualan. Fungsikan garasi, teras atau halaman rumah Anda. Anda bisa merombak dan memodifikasi sedikit ruang tersebut untuk menempatkan barang-barang dagangan Anda, paling tidak Anda dapat menyiapkan tempat minimal seluas 9 meter persegi. Selanjutnya ruangan itu lengkapi dengan rak, etalase, dan tali plastik, sebagai tempat memajang barang-barang yang dijual seperti mie instant, shampo, sabun, gula, minyak goreng, aneka jajanan anak-anak, dan lain-lain.
Sebagai pedagang pemula dalam bisnis toko kelontong ini, para agen atau distributor barang-barang kebutuhan sehari-hari belum mengenal Anda. Maka sebaiknya Anda terlebih dahulu mendatangi agen-agen atau distributor tersebut untuk menjadi pelanggannya.
Kunci Sukses
Sebaiknya Anda memperhitungkan antara tempat yang akan Anda gunakan sebagai tempat usaha dengan toko kelontong yang sudah ada. Jangan terlalu dekat, apalagi jika ternyata bertetangga. Karena untuk menghindari persaingan yang tidak sehat, yang dapat membuat hubungan dengan orang menjadi kurang baik.
Perhatikan kelengkapan bahan atau barang kebutuhan yang Anda jual. Jika stok hampir habis, sebaiknya Anda segera mencarinya, agar pelanggan tidak kecewa.
Analisa Usaha
Sulit untuk diperkirakan analisis  kelontong. Karena pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh setiap harinya tidak teratur.
Modal awal
Peralatan
Persediaan barang dagangan               Rp 3.000.000,.
Rak, etalase, dan tali                   Rp 2.000.000,.
Jumlah                                   Rp 5.000.000,.
Penyusutan peralatan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1000,. dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 5.000.000,. – Rp 1000,.) / 4 = Rp 1.249.750,. per tahun (Rp 60.270,. per bulan).
Perlengkapan
Kantong plastik                           Rp   100.000,.
Jumlah                                    Rp   100.000,.
Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
Rp 100.000,. x 30 hari                    Rp 3.000.000,.
Biaya-biaya
Belanja barang dagangan                   Rp 1.000.000,.
Biaya perlengkapan                        Rp   100.000,.
Biaya penyusutan peralatan                Rp    60.270,.
Biaya lain-lain                           Rp   100.000,.
Jumlah                                    Rp 1.260.270,.
Laba/(rugi) bersih
= Pendapatan – biaya-biaya
= Rp 3.000.000 – 1.260.270,. =            Rp 1.739.730,.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar