Angels Blog

Welcome To Uwie Blog....

Selasa, 02 Agustus 2011

usaha makanan

Saya seorang karyawan swasta berusia 36 tahun dan berkeluarga dengan satu orang putri, saat ini sedang memulai sebuah usaha. Sejak awal Agustus 2009 saya menyewa sebuah ruang usaha di pinggir jalan dan saya menjual makanan ringan dan juga mulai menjual kue kering yang saya produksi sendiri, mengingat sebentar lagi lebaran.
Pertanyaan saya :
1. Bagaimana strategi pemasaran yang harus saya lakukan agar usaha saya mempunyai kemajuan yang signifikan ?
2. Produk-produk semacam apa yang harus saya sediakan, yang bisa mendukung produk yang saya jual saat ini ?
3. Bagaimana mempertahankan eksistensi toko saya tersebut untuk jangka waktu yang lama ?
4. Bagaimana spesifikasi karyawan yang harus saya rekrut (jenis kelamin, pendidikan, domisili, gaji) mengingat toko saya baru buka beberapa hari saja dan belum stabilnya penjualan pada saat ini ?
Semoga Pak Dinsi selalu dalam perlindungan Alloh SWT., dan kepada semua pengunjung eramuslim.com saya meminta do'anya semoga usaha saya terus eksis dan terus mengalami kemajuan serta barokah bagi saya dan keluarga. Amin.
Jazakumulloh Khoiron Katsiron
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Abu Nasywa

Jawaban

Wa'alaikumussalam Wr.Wb.
Abu Nasywa yang dirahmati Allah
Sering kali kesalahan pebisnis pemula dalam berbisnis adalah langsung menyewa toko, mengurus surat2 kelengakapan perusahaan dan aspek legal dan tampakan lainnya. Dengan begitu mereka sudah keluar duti banyak di depan tanpa ada kejelasan bagaimana uang itu bisa kembali lagi. Padahal pebisnis sukses yang kemudian mereka menjadi besar bahkan konglomerat adalah mereka yang memulainya dari garasi rumah, meja makan , ruang tamu rumah mereka. Dengan begitu tidak ada biaya tambahan.. Baiklah akan saya jawab pertanyaan Anda:
1.Strategi yang paling ampuh tidak ada selain WOM (Word of Mouth) alias dari mulut ke mulut. Semakin banyak orang yang membicarakan dan menceritakan semakin laris produk Anda. Ingat Mbah Surip? Karena semua media dan semua orang membicarakannya maka RBT dan kasetnya laku keras. Untuk bisa menjadi point of view atau pusat perahatian, produk atau jasa Anda harus memenuhi 3 unsur yang saya sebut USP. Ultimate Advantage, Sensational Offer dan Powerfull Promise. Apa kelebihan produk atau jasa kita dibanding produk atau jasa orang lain. Dimana uniknya dst. Efek sansasi apa yang ditimbulkan dari jasa atau produk yang kita tawarkan serta apa janji heboh yang shoking yang kita berikan kepada konsumen. Selanjutnya Anda bisa baca uraiannya lebih dalam lagi di buku terbaru saya JANGAN MAU SEUMUR HIDUP JADI ORANG GAJIAN jilid 2.
2.Saran saya fokus saja kepada produk makan nan ringan dan kue2 (kalau perlu fokus kepada kue saja) mengingat saat ini menjelang lebaran dimana semua permintaan akan kue lebaran akan sangat meningkat jadi Anda fokus pada kue lebaran saja. Nah yang harus anda perhatikan adalah variasi produk serta kualitas dan segmen target pembeli Anda. Dan jangan lupa promosi, promosi, promosi
3.Toko hanya kan bertahan apabila ada peningkatan omzet, ya sales atau penjualan alias omzetlah yang harus anda push atau kejar. Dari hari ke hari harus meningkat kalau usaha anda ingin sustain (berkelanjutan)
4.Karyawan tentu saja disesuaikan dengan jenis pekerjaan, pendidikan, keahlian yang dibutuhakan  dan juga kesanggupan Anda untuk membayar gaji mereka tentunya. Untuk detailnya bisa dibaca di buku terbaru saya JANGAN MAU SEUMUR HIDUP JADI ORANG GAJIAN jilid 2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar